Iklan

Senin, 23 Oktober 2017, Senin, Oktober 23, 2017 WIB
KESEHATAN

Wanita Cerdas, Lakukan 5 Langkah ini Untuk Cegah Kanker Payudara..!!

ilustrasi
Kanker payudara menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak mengancam wanita. Dan jika kamu pernah didiagnosis sebelumnya, penelitian tahun 2016 dalam Journal of Clinical Oncology menemukan bahwa ada kemungkinan kanker payudara itu menyerang lagi, paling tidak dalam lima tahun pertama, atau 1-2 tahun pertama setelah operasi.

Tapi jika kamu belum terkena kanker payudara, lebih bijak jika melakukan langkah pencegahan mulai sekarang. Tidak ribet kok, hanya ini yang perlu kamu lakukan.

1. Olahraga 150 menit per minggu
Sederhana, kamu tak harus olahraga 1 jam setiap hari, yang kamu butuhkan hanya 150 menit (2 jam 30 menit) per minggunya. Penelitian 2017 yang terbit dalam Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa wanita yang rajin olahraga dan pernah mengalami kanker payudara sebelumnya, mampu menurunkan potensi kambuh sebesar 40%. Dan tentu saja, olahraga jadi cara terbaik mencegah sebelum terserang kanker payudara.

2. Jangan terlalu gemuk
Punya tubuh chubby boleh saja, asal sehat. Ketahui batasan gemuk yang tidak mengancam kesehatan, karena kegemukan jadi pemicu kanker payudara. Sel lemak melepaskan molekul yang disebut sitokin yang menyebabkan inflamasi dan menurunkan imun tubuh, yang mana akan memicu tumbuhnya tumor atau berkembangnya sel abnormal. Jadi sebaiknya jaga dan pantau berat badanmu ya ladies.

3. Jangan merokok
Meski kemungkinan yang paling umum karena hobi merokok adalah kanker paru-paru, tapi zat kimia dalam rokok bisa memicu banyak penyakit lain, tidak terkecuali memperbesar serangan kanker payudara. Jadi, alangkah baiknya jika kamu punya hobi lain yang lebih bermanfaat dan lebih sehat mulai sekarang.

4. Obat anti-estrogen
Menurut National Breast and Ovarian Cancer Center tahun 2009, Untuk wanita menopause, risiko serangan akan semakin besar karena pengaruh hormonal. Sebagian besar kanker payudara terjadi pada wanita setelah menopause, sekitar 70% terjadi pada wanita di atas usia 50 tahun.


5. Kurangi lemak jahat
Lemak jahat seperti lemak jenuh dan lemak trans yang berasal dari daging, gorengan, daging olahan, margarin, makanan kaleng dan lainnya. Karena jenis lemak ini akan membuatmu gemuk dan pada akhirnya ikut meningkatkan risiko serangan kanker payudara.

Itu yang bisa kamu lakukan sebagai langkah pencegahan. Ketahui bahwa dengan menerapkan sekian hal di atas, tak akan membuatmu menyesal di kemudian hari ladies.

(vem/Febi Anindyakirana)